Waspada, Bahan Pembalut Ini Bisa Sebabkan Sakit Kanker Serviks


Ada banyak sekali jenis penyakit kewanitaan yang seringkali meresahkan semua wanita, yang salah satunya adalah kanker serviks ini. Ya, memang benar, bahwa semua yang berhubungan dengan organ kewanitaan bisa jadi menyimpan resiko, salah satunya adalah dengan pembalut.
Tetapi, masalahnya adalah..
Benarkah bahan-bahan yang ada di dalam pembalut ini beresiko meninggalkan kanker serviks atau pun masalah di organ intim wanita???
Ini adalah jawaban dari Dr. Nina Amelia Gunawan bersama dengan MeetDoctor :
Kebanyakan penyakit kanker serviks ini disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV) yang bisa menyebar melalui hubungan seks. Adapun faktor yang bisa meningkatkan resiko terjadikan kanker serviks ini seperti merokok, infeksi HIV, melahirkan 3 anak atau pun lebih, penggunaan KB hormonal dalam jangan waktu yang lama (5 tahun atau pun lebih), dan juga mempunyai beberapa partner seks.
Sayangnya... hingga sekarang ini masih belum ditemukan adanya kaitan antara penggunaan pembalut dengan peningkatan resiko kanker serviks.
Walaupun demikian, penggunaan pembalut yang kurang sesuai juga bisa meningkatkan resiko terjadinya infeksi. Ketika menggunakan pembalut, pada area genital akan cenderung lebih lembap, sehingga hal ini bisa mendukung pertumbuhan bakteri.
Selain itu, dengan adanya pertumbuhan bakteri juga bisa menjadi faktor didukungnya perubahan ph vagina yang diakibatkan oleh reaksi bahan-bahan kimia yang memang terkandung di dalam pembalut konvensional (serat sintetik, zat peningkat penyerap, dan materi plastik).
Bukan itu saja, adanya robekkan pada dinding vagina juga memungkinkan bisa terjadi akibat gesekan yang berlebih, antara kulit dengan pembalut, sehingga akan memberikan kesempatan masuknya bakteri kedalam tubuh, dan menimbulkan infeksi.
Enfeksi yang terjadi oleh kuman Staphylococcus aureus ini normalnya juga ada pada kulit, ketiak, saluran pernapasan, selangkangan, serta vagina yang juga bisa memicu komplikasi berat, yang berupa toxic shock syndrome.
Kesimpulannya..
Jika dibilang bahan-bahan pembalut dapat sebabkan kanker serviks, dapat dibilang tidak tepat, tetapi juga tidak menutup kemungkinan, hal ini bisa menyebabkan infeksi pada organ intim. Asalkan penggunaan pembalut tetap diperhatikan dengan baik, maka resiko kanker serviks juga tidak akan mengancam kesehatan Anda.

Nah, itulah tadi beberapa ulasan menarik mengenai bahan pembalut bisa sebabkan kanker serviks semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada, Bahan Pembalut Ini Bisa Sebabkan Sakit Kanker Serviks"

Posting Komentar