Wah, Nanas Kabarnya Ampuh Mengobati Penyakit Diabetes Loh!


Benarkah nanas bisa jadi obat ampuh untuk menyembuhkan penyakit diabetes??? Jangan biarkan penyakit yang satu ini yakni diabetes, menimbun segala harapan-harapan Anda, ya!
Sebab, ada sebuah penemuan terbaru bagi penderita diabetes, sebagaimana yang telah dinyatakan oleh doktor Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia yang bernama Debie Dahlia, bahwasannya pemberian bromelin topikal yang ada di dalam buah nanas yang mempunyai efek penyembuhan kepada seekor tikus dengan perlukaan diabetes mellitus (DM).
Pernyataan tersebut kontak mengejutkan banyak orang, yang mana sebuah pernyataan Dahlia ini adalah hasil dari penelitian pertama di Indonesia, dan bahkan di dunia yang telah berhasil mengantarkan dirinya menjadi seorang doktor ke 10 yang lulus dari program Doktoral FIK UI dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,71.
Fakta menarik, nanas sebagai obat ampuh penyakit diabetes
“Bromelin merupakan enzim protease dari tanaman buah nanas yang telah dibuktikan baik in vitro dan juga in vivo efektif sebagai anti inflamasi serta imunomodulator.”
Pada disertasi yang berjudul Efektivitas Bromelain Topikal Pada Penyembuhan Luka Tikus Diabetikum Tinjauan Khusus Terhadap Ekspresi MMP-9, TIMP-1, TGF Pada Fase Inflamasi, Proliferasi dan Maturasi, ia ingin mengetahui bahwa efektifitas dari bromelin tropikal pada luka seekor tikus yang menderita penyakit diabetes dan pengaruhnya terhadap ekspresi MMP-9, TIMP-1, dan selama fase peradangan , maturasi, dan proliferasi.
“Penelitian ini adalah sebuah penelitian eksperimental dengan adanya rancangan penelitian rancangan pasca kendali uji secara acak, dengan menggunakan seekor hewan coba tikus sprague dawley, katanya.”
Dan hasil tindak lanjut dari penelitiannya, telah diketahui bahwa terjadi perbedaan bermakna laju penyembuhan luka diantara kelompok kontrol DM dengan salah satu kelompok perlakuan bromelin topikal dan juga bromelain standar.
Dengan kata lainnya, bahwa pemberian bromelin topikal mempunyai efek penyembuhan pada seekor tikus dengan perlukaan DM.
Namun, sementara itu Kepala Kantor Komunitas Universitas Indonesia, bernama Farida Haryoko, telah menyatakan, selain menjadi seorang staf pengajar di Kelompok Keilmuan Medikal Bedah, ternyata Dahlia juga menjabat sebagai manajer Ventura FIK UI dan aktif dalam melakukan kegiatan penelitian khusus dibidang ilmu keperawatan.

Nah, itu dia fakta menarik dari buah nanas yang ternyata bisa dijadikan sebagai obat paling ampuh dalam menyembuhkan penyakit diabetes yang bisa kami informasikan kepada Anda, semoga saja dengan ulasan tentang buah nanas sebagai obat ampuh sakit diabetes tersebut bisa bermanfaat bagi semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wah, Nanas Kabarnya Ampuh Mengobati Penyakit Diabetes Loh!"

Posting Komentar