Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

 – Diabetes merupakan penyakit metabolik yang dapat menyebabkan seseorang memiliki kadar gula darah yang tinggi. Ada dua jenis diabetes yaitu diabetes tipe1 dan diabetes tipe2. Diabetes tipe1 merupakan penyakit yang ditimbulkan karena penderita tidak bisa memproduksi hormon insulin dan diabetes tipe2 merupakan diabetes yang disebabkan karena gaya hidup. Namun penyebab dari tipe1 ini masih jarang terjadi dan hanya sekitar 10% dari diabetes tipe2 yang merupakan penyebab utama dari diabetes.
Jika seseorang menderita penyakit diabetes atau penyakit gula, sangat disarankan untuk menjaga pola makannya agar penyakit yang dideritanya tidak semakin parah. Walaupun diabetes dapat disembuhkan dengan berbagai macam pengobatan, tetapi jika anda tidak memperhatikan pola makan anda maka akan mempersulit dan memperlama proses penyembuhan itu sendiri. Dibawah ini ada beberapa jenis makanan sehat untuk penderita diabetes yang dapat anda ketahui :
Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes
1.      Almond
Almond memiliki banyak kandungan magnesium dan lemak monounsaturated. Kandungan ini sangat bagus untuk mengatur metabolisme karbohidrat sehingga kacang pohon ini sangat cocok untuk dikonsumsi anda yang menderita diabetes.
2.      Bayam
Bayam memiliki sifat rendah kalori dan rendah karbohidrat. Selain itu bayam juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat mengatasi penyakit kronis. Beberapa peneliti menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi bayam setiap hari dapat mengurangi resiko diabetes tipe2 sebanyak 14 persen.
3.      Bawang Merah
Bumbu dapur ini banyak mengandung zat antioksidan seperti capsacin, quercetin dan flavonoid yang mampu membuat makanan anti kanker. Selain itu, bawang merah juga dapat meningkatkan kesehatan jantung serta mengurangi resiko terkena diabetes.
4.      Putih Telur
Telur memang makanan sehat yang banyak mengandung protein namun tetap rendah karbohidrat sehingga jika mengkonsumsi putih telur dapat mencegah penyakit diabetes tipe2 karena putih telur tidak mempengaruhi kadar gula darah.
5.      Tomat
Kandungan yang terdapat pada tomat seperti karotenoid dan flavonoid akan bekerja sebagai anti inflamasi dan antioksidan. Selain mengurangi resiko diabetes, tomat juga dapat membuat anda terhindar dari penyakit kronis, jantung dan kolesterol.
6.      Ikan
Ikan salmon, dan ikan haring mempunyai kandungan asam lemak omega 3 dan ikan ini dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan mencegah diabetes. Bagi anda yang memiliki penyakit diabetes dapat mengkonsumsi ikan ini karena asam lemak omega 3 dapat memperlambat penyerapan karbohidrat sehingga dapat menstabilkan kadar gula darah.
7.      Gandum
Gandum merupakan makanan yang masuk dalam kategori makanan sehat bagi penderita diabetes karena gandum memiliki kandungan serat yang tinggi serta protein dan karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai penghasil energi.

Bagi anda yang memiliki penyakit gula kami sarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi jenis makanan yang telah kami sebutkan diatas untuk mengurangi resiko diabetes yang semakin parah karena secara medis kesembuhan diabetes sangat bergantung pada pola makan sehari hari. Sekian dan Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes"

Posting Komentar