Faktor Penyebab Seseorang Mengalami Dehidrasi


Mengingat sekarang ini sedang dalam musim kemarau, sehingga suhu udara pun menjadi semakin panas dari waktu ke waktu. Dan karena inilah akhirnya seseorang bisa lebih sering kehausan dan membuat cairan di dalam tubuh mereka menjadi lebih cepat dikeluarkan. Dan karena inilah seseorang kerap sekali mengalami dehidrasi. Dan itu bisa jadi salah satu faktor penyebab seseorang mengalami dehidrasi.
Namun, selain karena udara yang panas, sebenarnya ada beberapa faktor lain yang menyebabkan seseorang terkena dehidrasi. Misalnya saja seperti di bawah ini:
Menstruasi
Anda mungkin tidak pernah mengira bahwa ternyata seseorang yang sedang menstruasi itu bisa terkena dehidrasi. Namun memang seperti itulah faktanya. Ketika tubuh anda mengeluarkan darah menstruasi tersebut, secara otomatis cairan di dalam tubuh anda menjadi berkurang. Terlebih bila darah yang keluar ada banyak. Sehingga usahakan untuk selalu banyak minum di saat menstruasi supaya tidak terjadi dehidrasi.
Diare
Selain faktor menstruasi, ada pula faktor penyebab seseorang mengalami dehidrasi yang lainnya seperti diare. Ini adalah salah satu penyakit perut yang bisa menyebabkan anda dehidrasi karena tubuh anda menjadi mengeluarkan banyak cairan. Karena itulah penderita diare biasanya akan menjadi lemas dan juga lesu karena kekuarangan cairan di dalam tubuhnya.
Stres
Kondisi psikologi seperti stres pun ternyata bisa juga menyebabkan orang terkena dehidrasi. Karena di saat stres inilah hormon stres di dalam tubuh membuat semua cairan di dalam tubuh menjadi melemah, dan karena itulah mereka bisa terkena dehidrasi.
Sedang Menyusui
Selain beberapa hal di atas, faktor penyebab seseorang mengalami dehidrasi itu adalah karena sedang menyusui. Karena saat bayi minum ASI anda, maka secara tidak langsung cairan di dalam tubuh anda menjadi berkurang. Sehingga hal ini bisa memicu terjadinya dehidrasi. Maka dari itulah anda harus banyak – banyak minum air putih supaya tidak dehidrasi.
Sering Minum - Minuman Beralkohol
Faktor selanjutnya penyebab dehidrasi karena orang tersebut mengkonsumsi minuman beralkohol. Sehingga hal ini membuat seseorang menjadi lebih sering buang air kecil. Dan karena seringnya buang air kecil inilah yang akhirnya membuat cairan di dalam tubuh penderita tersebut menjadi lebih berkurang, dan timbulah masalah dehidrasi.
Itu tadi adalah beberapa faktor penyebab seseorang mengalami dehidrasi yang harus anda perhatikan. Dan selain beberapa faktor di atas, biasanya seseorang bisa mengalami dehidrasi itu karena mereka mengalami penuaan diri, sedang menderita diabetes, mengkonsumsi obat – obatan, kemudian kekurangan sayur – sayuran dan buah- buahan, dan bisa juga karena kekuarangan air putih. Maka dari itulah supaya tidak mengalami dehidrasi, sudah sewajarnya bila anda mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari dan selalu menjalani hidup sehat!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor Penyebab Seseorang Mengalami Dehidrasi"

Posting Komentar