Tips Menangani Luka Lecet Pada Kulit Anak -


Salah satu yang sering terjadi pada anak anak yaitu resingnya terkena luka lecet pada bagian tubuhnya. Ya sebagaimana yang anda ketahu masa anak merupakan masa dimana mereka tengah asik menikmati berbagai macam permainan, becandaan dan rasa ingin tahu. Bagi orang tua yang memiliki anak hiperaktif cukup kesulitan untuk mengatasi gerak gerakan mereka karena  anak yang hiperaktif kemampun aktivitas yang super aktif. Dan yang menjadi kekhawaitaran orang tua yakni saat anak anak bermain mereka tidak tahu atau tidak mempehatikan apakah berbahaya atau tidak.
Dan dengan kulit anak anak yang lebih sensitif dan mudah terluka semakinn menambah kekhawatiran para orang tua. Dan kebanyakan orang tua saat melihat anaknya jatuh saat bermain, mereka pasti akan melarangnya untuk bermain lagi. Namun sebenarnya hal itu salah, sebab bermain merupakan suatu fase dimana anak akan mengalami perkembangan baik dari segi fisik maupun kecerdasan. Caranya yang tepat saat anda melihat anda jatuh saat bermain yaitu dengan cara segera menolong dan menenangkannya, dan sampai terluka anda perlu melakukan hal hal yang ada di bawah ini.
Tips menangani luka lecet pada kulit anak
Tenangkan Anak
Hal yang orang tua harus lakukan saat mengetahuinya terluka saat bermain, menenangkan anak terlebih dahulu hingga si anak benar benar tenang. Hal ini agar si anak tidak khawatir atau takut dengan luka yang di deritanya. Dan yang perlu di hindari atau dijauhi dari orang tua saat anaknya terluka, jangan sampai memarahi si anak.
Cuci Tangan Anda
Jika sudah si anak merasa tenang, bila anda melakukan pengobatan terhadap luka si anak. Cuci terlebih dahulu tangan anda, hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri atau kuman yang ada di dalam tangan anda. Sebab jika luka anak tersentuh tangan yang kotor malah bisa mengakibatkan infeksi pada luka tersebut.
Bersihkan Luka
Jika anda sudah yakin tangan anda benar benar bersih, langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan membersihkan luka pada anak. Bersihkan luka pada anak secara perlahan dan hati hati dengan menggunakan cairan antibiotik
Terapkan Antiseptik
Apabila luka anak benar benar sudah bersih, langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan gunakan anti septik pada luka anak anda. Namun yang perlu di ingat, usahakan hindari penggunaan antiseptik yang mengandung alkohol. Sebab anti septik yang mengandung alkohol dapat menimbulkan rasa perih pada anak.
Perban Luka Jika Perlu

Memperban luka atau tidaknya tergantung luka yang dialami si anak, bila lukanya kecil dan ringan tidak perlu perban. Namun jika lukanya cukup besar gunakan perban untuk menutupi luka tersebut untuk menghindari luka terkena debu atau hewan seperti lalat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menangani Luka Lecet Pada Kulit Anak -"

Posting Komentar